Senin, 06 Juli 2009

SANG INSPIRATOR

Bapak La Ode Zini adalah seorang nelayan miskin yang keseharian hidupnya bergantung pada laut namun karena sumber daya laut yang ada di desanya setiap tahun semakin di rusak oleh tangan - tangan yang tidak bertanggung jawab membuat Bapak ini berpikir agar kerusakan tersebut tidak semakin parah, maka pada tahun 2000 hatinya tergerak untuk memanfaatkan pantai sebagai tempat budidaya berbagai macam habitat laut seperti ikan, teripang dan berbagai jenis siput yang kemudian di restocking atau di lepas lagi ke alam. Selain itu, di tanamnya pula bakau yang oleh masyarakat di sekitarnya apa yang dilakukan Bapak ini dianggap sesuatu yang gila dan pekerjaan yang sia-sia. Masa depan yang cerah mulai tampak pada tahun 2006 ketika apa yang dilakukannya mulai berbuah manis, apalagi pada tahun 2006 itu pula Bapak La Ode Zini mendapatkan pendampingan dari Jaringan Pengembangan Kawasan Pesisir ( JPKP ) BUTON. Film ini dibuat untuk didedikasikan kepada Bapak La Ode Zini atas INSPIRASInya dan semoga dapat memberi inspirasi pula bagi masyarakat yang lain.



1 komentar:

  1. Salut buat Sang Inspirator La Ode Dini, tanpa tedeng aling-aling telah berbuat untuk kelestarian lingkungan, semoga kegiatannya berkembang dan berkelanjutan. Buat JPKP selamat bekerja temukan inspirator lain promosikan karyanya dan dampingi kelanjutannya.
    Bumi ini bukan warisan nenek moyang kita tapi titipan anak cucu kita, mari bersama selamatkan bumi dari kejahatan orang-orang tidak mengerti.

    Terima kasih.
    http://subair3.wordpress.com

    BalasHapus